Analisis Jaringan Sosial

Analisis Jaringan Sosial

Analisis jaringan sosial telah banyak dilakukan untuk memahami sifat, struktur, dan pola pada jaringan sosial. Salah satu sifat dan struktur jaringan sosial yang banyak dipelajari adalah komunitas. Analisis jaringan sosial untuk mendeteksi komunitas pada jaringan sosial merupakan permasalahan yang kompleks, hal ini disebabkan oleh perbedaan definisi tentang komunitas dan kompleksitas jaringan sosial.

Analisis jaringan merupakan bidang penelitian yang terus berkembang. Analisis jaringan menyelidiki karakteristik struktural jaringan, model pembentukan jaringan, dan lain-lain. Dalam jaringan sosial terdapat kelompok elemen yang dapat diamati dengan relasi tertentu yang disebut komunitas. Deteksi komunitas (community detection) adalah metode yang dapat digunakan untuk mengalisis komunitas dengan tujuan untuk mengekstrak berbagai informasi komunitas dengan beberapa teknik analisis.

Community detection Analisis jaringan sosial juga dapat dilakukan untuk pemetaan dan pengukuran hubungan diantara individu, kelompok, dan organisasi seperti: menganalisis dan mempelajari kolaborasi antara mahasiswa dan pembimbing pada publikasi, penyebarluasan publikasi, komunikasi antara akademisi atau peneliti serta mengukur aliran beasiswa, menganalisis berbagai macam kasus sosial masyarakat seperti: kelompok teroris, organisasi kejahatan, dan kelompok narkotika dan lain-lain. Beberapa teknik atau metode yang dapat digunakan untuk menganalisis jaringan sosial adalah network distribution, network segmentation, link prediction, community detection dan lain-lain.

Oleh: Edi Surya Negara
(Dosen Universitas Bina Darma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Categories


Post Archive


Catogery Tags


There’s no content to show here yet.