Community Detection Pada Jaringan Sosial

Community Detection Pada Jaringan Sosial

Analisis jaringan merupakan bidang penelitian yang terus diteliti secara intensif. Analisis jaringan menyelidiki karakteristik struktural jaringan, model pembentukan jaringan, dan lain-lain. Dalam jaringan sosial terdapat kelompok elemen yang dapat diamati dengan relasi tertentu yang disebut komunitas. Deteksi komunitas (community detection) adalah metode yang dapat digunakan untuk mengalisis komunitas dengan tujuan untuk mengekstrak berbagai informasi komunitas dengan beberapa teknik analisis.

Deteksi komunitas merupakan metode yang digunakan untuk menganalisis jaringan yang kompleks yang memungkinkan studi tentang struktur mesoscopic yang sering dikaitkan dengan karakteristik organisasi dan fungsional dari jaringan yang mendasarinya. Deteksi komunitas bertujuan untuk menemukan kelompok (cluster) sebagai subgraph di dalam jaringan. Deteksi komunitas merupakan kunci yang dapat digunakan untuk memahami struktur dan sifat jaringan yang kompleks dan juga dapat digunakan sebagai alat untuk menggali informasi yang berguna dari jaringan tersebut.

Dalam level group analysis, secara informal komunitas adalah sebuah kelompok yang memiliki kedekatan interkoneksi dan intensitas interaksi yang tinggi dalam sebuah jaringan. Mendeteksi komunitas pada jaringan sosial merupakan permasalahan yang kompleks, karena adanya berbagai definisi tentang komunitas dan algoritma deteksi komunitas yang berbeda untuk mendeteksinya. Perbedaan definisi komunitas secara struktur dan sifat menjadi tatangan tersendiri untuk mampu mendeteksi hubungan antara simpul, sisi dalam jaringan non-overlapping dan overlapping pada jejaring sosial.

Oleh: Edi Surya Negara
(Dosen Universitas Bina Darma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Categories


Post Archive


Catogery Tags


There’s no content to show here yet.