IPKIN Ikatan Profesi Komputer dan Informatika

IPKIN Ikatan Profesi Komputer dan Informatika

IPKIN adalah sebuah organisasi profesi bidang TI yang telah berdiri di Indonesia sejak tahun1974. Awalnya dibentuk dengan nama Himpunan Pemakai Komputer Indonesia (HPKI) pada tanggal18 April 1974, lalu pada tanggal 30 Juli 1974 dibentuk kepengurusan baru dan diubah menjadi IkatanPengguna Komputer Indonesia (IPKIN). Sebagai organisasi nirlaba independent yang beranggotakanpara profesional dalam bidang Komputer dan Informatika, IPKIN bertujuan untuk meningkatkanpemanfaatan dan pengembangan teknologi Komputer dan Informatika di Indonesia yang tujuannyauntuk menunjang dan memajukan Pembangunan Nasional, terutama dibidang IT.

IPKIN juga telah mengadakan sejumlah kegiatan seperti Konferensi Komputer Nasional, SEARCCConference, SEARCC Expo dan beberapa kajian, seperti Kajian tentang Pendidikan Komputer diIndonesia, Kajian tentang standard kompetensiTI dan pemetaaan SDM TI yang telah dipublikasikan.Lalu apa kegiatan IPKIN?Kegiatan yang dilakukan oleh IPKIN pasti yang berhubungan dengan dunia komputer maka kegiatanyang dilakukan organisasi ini pun tidak jauh dari dunia komputer. Berikut adalah kegiatan pokok yangdilakukan oleh IPKIN:

  1. Menyelenggarakan Kegiatan Ilmiah spt pendidikan, latihan, seminar, diskusi, yangberhubungan dengan komputer dan informatika.
  2. Menghimpun, mengelola dan mengembangkan bahan kepustakaan.
  3. Menerbitkan buletin IPKIN, buku, jurnal profesi.
  4. Mengadakan kerja sama dgn organisasi sejenis.
  5. Menyelenggarakan usaha lain yg dianggap perlu oleh IPKIN dan tidak bertentanga dgnAD/ART.

Keanggotaan IPKIN
Anggota IPKIN terdiri dari berberapa golongan, anggota ini digolongkan berdasarkan kriteriatersendiri. Berikut ini adalah keanggotaan dari IPKIN:
1.Anggota Biasa (Pendidikan Formal/Non Formal).
2.Anggota Muda (Hobi).
3.Anggota Kehormatan.
4.Anggota Perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Categories


Recent Posts


Catogery Tags


There’s no content to show here yet.